Pasta Saus Bolognese

YES I’M A PASTA LOVER! ^^v
Pasta yang digunakan : Penne
Resep lolos uji pada 9 Maret 2009.

penne saus bolognese

Voila! Akhirnya saya bikin juga pasta saus bolognese, hehehe… Tapi tetep ga pake spaghetti, melainkan pake penne.

Pasta Saus Bolognese

BAHAN
250 gr penne (Merk Lafonte. Sudah tersertifikasi HALAL)
2 sdm minyak goreng untuk rebusan penne
3 sdm blue-band untuk menumis bawang
150 gr daging giling (beli di Giant, kurleb 8 ribu)
Garam 1 sdt peres
Gula 1,5 sdt peres
Merica hitam (crushed black pepper) 1 sdt peres
Daun thyme 1 sdt peres (merk Jay’s)
Daun bay 1 helai (produksi Giant)
Keju parut 1/2 blok (size yg biasa, 90 gr)
air masak 100 ml

BAHAN YG DIPROSES DI FOOD PROCESSOR
1 bh bawang bombay dan 3 siung bawang putih
2 bh wortel dan 1/2 paprika hijau
5 bh tomat: cuci, belah 4.

saus bolognese
CARA MEMBUAT
1) Didihkan air, lalu masukkan rebus penne. Antara 12-15 menit.
2) Lihat bahan yang di proses didalam food processor diatas,. Sebenarnya bisa di cincang atau dipotong biasa. Tapi ini untuk menghemat waktu dan sayang itu food processor udah dibeli mahal-mahal jarang dipakek, hahaha…
3) Panaskan margarine, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
4) Masukkan wortel dan paprika, aduk 1 menit.
5) Masukkan pula daging giling, dan aduk sampai daging berubah warna (kira-kira 2-3 menit)
6) Masukkan tomat halus, tambahkan air, aduk. Tambahkan keju.
7) Tambahkan daun thyme, daun bay, merica. Aduk kurleb 2 menit.
8) Terakhir, tambahkan gula dan garam.

Jika ingin langsung disantap, bisa langsung campur-aduk rata penne kedalam saus-nya. Jika ingin disimpan di freezer pun bisa; nanti dicampur jika hendak disantap (dipanasin dulu ye).

Pasta saus bolognese identik dengan warnanya yang merah (karena tomatnya dan mungkin ada yang mencampurnya dengan tomat pasta juga). Berhubung saya mencampur dengan banyak wortel, plus keju, jadi warnanya pun menjadi ORANYE :D Ekstra wortel malah akan menambah sensasi rasanya, jadi ada kriuk-kriuknya gitu.

Hmmm…. enak deh. Murid saya si Allyn aja td sempet ngicipin seseondok, dan langsung bilang enak. Dan dia menyarankan: ‘kenapa ga dibisnisin aja neh, masakan pasta-nya?

Hehehe…masih perlu banyak belajar, Darling,…. dan sekarang belom punya banyak waktu dan nyali untuk eksperimen. Ntar deh, kalo udah Pensiun jadi Guru di sekolah…. [dimana semoga tak lama lagi. begitu hamil and punya anak... langsung resign deh].

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s