Cerita tentang oven dan persiapan baking

Sudah hampir 2 bulan ini saya kepengen beli oven. Waktu googling kesana-kemari, dapet info kalo harganya oven tangkring [oven yang ditaroh diatas kompor elpiji- posisi nangkring] sekitar 180 ribuan [oven tangkring merk HOCK]. Tapi itu harga tahun berapa? Saya ga cek tanggal postingannya. Pas ke TBK [Toko Bahan Kue] dideket rumah, ternyata harganya 250 ribuan loh sekarang! [merk Hock]

Kaget donk. Kok mahal ya? Urung niat membeli. Padahal udah pengen banget belajar baking cupcakes, pizza dan terutama makaroni skotel :D

Trus kemaren suami SMS, kalo dapet rejeki tambahan bulan ini dan ngajak beli oven. Duh…. seneeeeeng banget rasanya! Alhamdulillah, Ya Allah, sungguh Engkau telah memberikan aku, suami yang baik dan senantiasa berusaha membahagiakan istrinya… Apalagi ini mau ultah Pernikahanku yang pertama, dan dari kapan tau udah janji ma dia untuk mbikinin menu spesial kalo udah punya oven.

Ntar sore rencana mau ke TBK deket rumah. Yang deket aja deh, biar ntar pulang dari sana aku bisa naik becak aja. Gede bow, ovennya, kalo dibawa naik motor ya repot.

Oiya, berikut ini adalah link ke blog-blog yang memberi info lebih detil tentang Oven HOCK, dimana menurut kebanyakan blog dan postingan yang sudah saya kunjungi, merk ini yang numero uno, untuk kategori oven tangkring kebutuhan rumah tangga.

——————–

Menggauli Oven Tangkring

Di Multiply-nya Elkaje [klik sini] , memberikan tips& trik yang sangaaat berguna buat pengguna maupun calon pengguna OTANG [oven tangkring]. Wes pokok’e manteb deh deretan tips & trik-nya!

misalnya nih, “Kalau tidak punya termometer, suhu bisa ‘diraba’ dengan lengan kita. caranya, masukkan lengan kita ke dalam oven segera setelah oven dibuka, jangan diletakkan di atas rak ya..hihihih…keslomot atuuuh!. hitung mengikuti detik jam. Kalau tangan kuat hingga hitungan ke 15, kesimpulannya suhu oven di bawah 180 derajat C. Kalau hanya kuat hingga hitungan ke 10, suhu 200 derajat atau lebih.”

Saya ragu, ada buku yang bisa memberikan saran seperti diatas, hihihi. Kelihatannya emang aneh, tp pastinya bener bisa dicoba kalo ternyata ntar beli oven yang ga ada termometernya.

Trus ada lagi nih info mantabh-tabh:
Konversi Resep Cake sesuai Loyang

“Sering kali kita ingin mencoba suatu resep cake, tetapi tidak punya loyang yang pas dengan ukuran bahan dalam resep tersebut. Atau….ingin menyesuaikan kebutuhan, sehingga harus menyesuaian besarnya cake. Misalnya, di resep menggunakan loyang 30X30X7 cm, sementara kita hanya punya loyang bulat diagmeter 20 cm tinggi 7 cm.

Menghitung perbandingan resep tidaklah sesulit yang di kira, hanya bermodal rumus dasar matematika untuk menghitung volume suatu benda.” [dari sini]

Info lain dari Elkaje, seperti tips membuat roti? Bisa klik [sini]

——————–

Starter Kit for Baking

Ibu Aminatuz [klik sini], menuliskan tips tentang starter-kit untuk baking. Wow…. bagi yang berniat nyoba-nyoba bikin kue? Hayuk… mampir… menurut Jeng Aminatuz, starter-kit untuk baking adalah : mixer, oven dan loyang. Dikasih tau juga tips membeli loyang jika dana terbatas [loyang yg standar-standar aja, dengan harga @10 ribuan].

she said, “Aku sendiri pakai Hock (harusnya aku dapet fee nih dari produsennya, soale aku sering promosiin oven ini) yang nomor 3, harganya Rp. 199.000, loyang 30×30 cm bisa masuk, dan ada termometernya, shg. cocok banget buat pemula yang belum paham dengan suhu tubuh otang.”

Hmmm… satu lg yang merekomendasikan merk Hock. Tapi 199 ribu itu harga tahun 2006 lho, tanggal dipublishnya postingan Ibu Aminatuz :) Harga sekarang udah sekitar 250 ribuan [belom ditawar]. Oiya, Jeng ini, untuk resep pertamanya beliau mencoba membuat butter cake [resep, klik sini]. Bolehhhh dicobaaaa…

——————–

Persiapan peralatan dasar bikin kue

Next info, is from: Multiply-nya Ibu Ifacha : Persiapan peralatan dasar bikin kue [klik sini]. Mantep nih infonya, menjelaskan tentang peralatan lanjutan untuk baking. Bisa dijadikan rujukan setelah mengintip info dari JIbu Aminatiz diatas. Perlengkapan baiking lain, menurut Jeng Ifacha antara lain: timbangan, cup pengukur, dll. Yang buat aku berguna banget adalah info tentang timbangan.

Dijelasin lho, “Fungsinya untuk menimbang bahan. Ada 2 Jenis: Timbangan Analog dan Timbangan Digital. Sempet bingung mau beli Tanita yang 2kg harganya 289 ribuan sedangkan ada timbangan merek blabla ideal 5kg cuma 165ribuan, yang aku beli yang itu aja dech. hihihi (nanti kalo udah pakar, bisa beli yang tanita alumunium 5 kg yang harganya sktr 350ribuan). Bisa juga pake timbangan analog yang 25 ribuan (ada koq di alfamart).”

Info lain dari Ibu Ifacha yang berkaitan dengan alat dan bahan kue, bisa diklik [disini]. Ada info tentang:
*) Aneka Loyang dan peralatan baking
*) Toko Bahan & Peralatan Kue di Jabodetabek
*) Bermacam bahan kue

——————–

See? Buat yang masih mau nyoba-nyoba baking macam aku ini, tulisan dari ibu-ibu dan mbak-mbak bener bisa dijadikan sumber informasi lho!

Anyway, link diatas saya comot belom seijin yang punya. Saya harap orangnya ga keberatan, karena saya co-pas infonya cuman sedikit-sedikit aja [bukan poin dari postingan tsb]. Sisa info bisa dibaca di blog masing-masing sumber ya :) [link sudah tersedia diatas kan?]

About these ads

9 responses to “Cerita tentang oven dan persiapan baking

  1. Aq uda beli otang hock, dpt 2 loyang dan 1 utk bakar2, klo utk buat kue banyak 2 loyang aja gak cukup, trz aq belinya kmn ya loyang yg ukurannya sm dgn otang hock ku?

    • Coba aja diukur bagian dalam otang hock sampeyan besarnya seberapa, dalam kondisi tertutup ya. Trs cari liyang yg sedikit lbh kecil. Loyangnya beli di toko bahan kue itu. Ntr jgn malu buat bawa meteran kain atau penggaris, spy dapet yg size loyangnya bener2 cukup masuk ke otang.

  2. miss,,
    aku pake hock no 3, selama ini oke banget sudah balik modal buat jualan.. hehhhehe
    biar ga nempel kompor diganjel keramik, sekitar 3-4 keramik disusun gitu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s