Mie Daging plus Jamur

Resep sudah lolos uji-coba pada 30 Januari, 2009.

Judulnya agak aneh ya? Kan biasanya mie ayam jamur… tp berhubung kemaren cuman ada daging, ya pake daging deh. Tapi dari segi rasa tidak mengecewakan kok, insyaallah. Buktinya suami minta tambah, walo ga jelas juga itu minta tambah karena doyan apa karena laper sematašŸ˜‰ Padahal resepnya ini coba-coba modeON.

Photobucket

Photobucket
Awalnya mau bikin mie tek-tek (rebus) khas surabaya, kebetulan ada stok mie telor dirumah. Tapi gara-gara buka buku resep trus ngeliat resep steak saus jamur, yah jadinya pengen bikin mie saus jamur. Gitu… :p *eeeeaaaaa….*

BAHAN :

    mie telor 200 gr
    Kaldu sapi/ ayam 800 l (sekitar 4 gelas kecil)
    Daging sapi/ ayam setelah direbus jadi kaldu, tiriskan dan potong dadu
    Jamur kancing satu bungkus 175 gr
    Wortel secukupnya (1/2 batang)
    Bawang bombay 1 bh cincang halus
    Bawang putih 5 siung cincang halus/keprok
    Tomat 1 bh, potong jadi 4 buang bijinya.
    Merica 1 sdt (jika suka pedes-panas. kurangi sesuai selera)
    garam 1 sdt
    gula 2 sdt (jika ga suka terlalu manis, jadikan 1 sdt saja)
    Minyak goreng untuk rebusan mie 1 sdm.
    Margarin 3 sdm untuk tumisan.
    Tepung maizena 1 sdm, encerkan dengan sedikit air panas/hangat.

CARA MEMBUAT :

    1. KALDU: rebus daging sapi/ayam selama 20 menit. Saya kemaren ga nimbang tu berapa gram, yg jelas daging sapinya setara 5 potong empal lah.
    2. Selagi menunggu kaldu, potong bawang putih, bawang bombay,wortel, dan jamur ( potong jadi 2).
    3. Rebus mie, jamur dan wortel; sampai mie agak lunak didalam air yang sudah diberi 1 sdm minyak goreng, tiriskan.
    3. Daging diatas, setelah direbus jadi kaldu, tiriskan dan potong dadu.

    4. TUMIS : bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
    5. Masukkan tomat; dan daging sapi/ayam yang telah dipotong dadu.
    6. Tambahkan garam, merica, dan gula.
    7. Lalu tuang kaldu,aduk sebentar lalu masukkan maizena yg sudah diencerkan.
    8. Masukkan mie (yg sudah bercampur dengan jamur dan wortel).
    9. Aduk sampai mie lunak.

Ga usah pake foto ya? Hasil masakannya jelek, hehehe….
Kebetulan pas abis masak, Kak Acok dan Istrinya datang bersama keponakan-keponakan saya yang gembul dan lucu2 itu. Setelah saya paksa, akhirnya mau nyicipin masakan saya dan kata mereka sih lumayan. Tapi berhubung waktu itu mericanya kebanyakan (lebih dari 1 sdt, hehe, maklum doyan…) jadi komen mereka : pedes dan tidak cocok untuk konsumsi anak-anak…..

Makasih komennya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s