Pasta Saus Carbonara bag. 2

Resep sudah diuji-coba pada 21 Februari, 2009.

penne carbonara

Setelah bulan lalu memasak Makaroni Carbonara dan berhasieul (baca: berhasil), maka persis sebulan kemaren (Sabtu, 21 Feb) saya tekadkan untuk kembali memasak saus pasta yang sama, hanya saja kali ini disajikan bersama dengan PENNE. *I’m not a fan of spaghetti nor fettucini* Kali ini resepnya mengalami sedikit modifikasi, terutama pada bagian lampu depan dan dashbord *lho salah*

Resep asli silahkan diliat disini.

PENNE CARBONARA

BAHAN
250 gr penne (Merk Lafonte. Sudah tersertifikasi HALAL)
Beberapa sdm minyak goreng
1 bh bawang bombay dan 3 siung bawang putih (saya masukin ke wadah penggiling di blender, proses selama 1 menit)
8 potong sosis sapi (merk Champ. Sudah tersertifikasi HALAL)
80 jamur champignon (setara 3 sdm. merk Natura, 8 ribuan/ bungkus 175 gr. Saya pakai 1/2 bungkus) potong jadi 4.
200 ml air masak
1 bh tomat, bagi 4
Garam 1/2 sdt
Gula 1 sdt
Merica hitam (crushed black pepper), oregano dan daun thyme. @ 1/2 sdt (semua merk merk Jay’s)
1 bh wortel diserut (kalo terlalu banyak, jadikan 1/2 saja)

Tips : Sebelum mulai memproses penne dan saus-nya, keluarkan sosis dari freezer. Rendam di air biasa/hangat.

BAHAN SAUS CARBONARA
Semua bahan campur jadi satu dengan urutan: telur dikocok – susu cair – parutan keju.

4 sdt susu bubuk, aduk dengan 200 ml air hangat (saya pakai Anlene Gold punya nenek)
1 btr telur
125 gr keju parut (merk Kraft- cheddar, 16500 rp/180 gr. Saya pakai 3/4 blok)

CARA MEMBUAT
1. Rebus air satu panci sedang, saat sudah mendidik masukkan penne plus 1 sdm minyak goreng. Setelah 12 menit, angkat- tiriskan. Jangan matikan dulu apinya
2. Dalam sisa rebusan penne, masukkan tomat. Biarkan mendidih sebentar, matikan. Diamkan beberapa saat lalu tiriskan dan masukkan ke mangkok berisi air biasa.
3. Bawang putih + bombay yang sudah diproses sampai halus, campur dengan 1 sdm minyak goreng. Lalu tumis sampai harum.
5. Masukkan adonan saus carbonara. Tambahkan 200 ml dan biarkan mendidih.
6. Masukkan merica, oregano, dan daun thyme. Aduk sejenak sampai rata dan harum namanya *ha?? lo kata Ibu kita Kartini, harum namanya??*.

7. Tumis sejenak sosis & jamur dengan 2 sdm minyak. Lalu campurkan kedalam saus diatas, aduk, dan masukkan wortelnya.
8. Jika saus dirasa terlalu kental, tambahkan air masak secukupnya. Terakhir, jika ingin langsung disantap, masukkan penne dan aduk rata.

Penne saya ini, setelah saya rebus kan saya tiriskan. Lha kok agak lengket, kenapa ya? Padahal pas ngerebus udah dikasih minyak goreng kurleb 2 sdm. Jadi pas diaduk, ada sedikit bagian yang hancur karena lengket satu sama lain😦

But overall, rasanya masih enak kok walo kalo saya bilang : lebih enak hasil masakan kemaren. Kenapa? Soalnya kali ini masaknya pake gula dengan perbandingan 2x-nya garam. Jaid terasa manis gitu, agak ga pas di lidah saya sih benernya (eh ini request-nya suami yang emang doyan manis-manis (uhuk, yeah, thats why he loves me), hihihi)

2 thoughts on “Pasta Saus Carbonara bag. 2

  1. Hi, thanks for the recipe😀

    sedikit saran aja supaya pasta ga lengket.. memang kadang dikasih minyak pas masak pasta saja tidak cukup… seringnya masih lengket juga setelah ditiriskan. Nah, biasanya untuk mengakali, setelah ditiris, aku olesin margarine, dicampur-campur aja pakai margarine gitu. Hasilnya… pasta ga pernah lengket lagi biarpun disimpan beberapa jam🙂

    Thank you!

Makasih komennya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s