Another Carbonara session

Another related posts :
1) tips memasak penne
2) resep carbonara : disitudisini dan disana.
3) bahan untuk menu pasta.

Photobucket

Daging giling biasanya sih dipake buat bolognese sauce ya? Tapi berhubung stok tomat cuma tinggal sebutir, ya manalah cukup! Untuk pasta 250 gr, minimal tomat butuh 6 butir (cemplungin ke aer mendidih sebentar, trs langsung blender!)

Photobucket

Kejunya, untuk pasta 250 gram, paling enak ya setengah blok itu, yang kemasan biasa dijual itu loh, yang kotak. Tapi ini saya cuma pake 1/4 coz adanya segitu. Telur 1 butir dikocok. Susu bisa pake Ultra yang 250 ml atau, susu bubuk biasa, satu mug.

Photobucket

Jamur-nya beli di Supermarket. Sudah berlabel halal MUI. Jualnya dalam kemasan 22o gram (kemasan ala cup air mineral). Untuk 250 gram pasta, yah pake 3/4nya aja deh. Atau campur aja semua, hehehe. Diiris menjadi 2 bagian ya.

Photobucket

RAPI ya bok, ini potongan paprika-nya? Hehehe… Kecil-kecil aja, soalnya kalo lebih besar, kuatir Suami ga doyan. Paprika ini fungsinya ada dua : warna hijaunya buat ‘menyegarkan’ tampilan carbonara yang pucat. Juga buat rasa dan aroma.

Photobucket

WOOT? Woh ini kenapa kok PENNE saya jadi GUENDUT begini? Hahaha… gara-garanya abis direbus 17 menit, trus ga segera ditiriskan, dibiarin aja didalam air rebusannya. Trus jadi nyerep airnya kali ya? Jadinya GUENDUT begini, hahaha….

RESEP:

BAHAN
250 gr pasta (spaghetti, fettucini, penne, fussilli, dll)
6 sdm minyak goreng
1/2 bh bawang bombay (cincang halus)
3 siung bawang putih (cincang halus)
250 gram daging (sosis, daging ayam, daging giling, pilih aja mana suka)
merica hitam secukupnya (crushed black pepper! merk Jay’s, 8ribuan/60 gr. bukan yg bubuk)
1 sdt oregano
1 sdt peterseli
garam dan gula (takaran gulanya adalah : 2x takaran garam)

BAHAN SAUS CARBONARA
250 ml susu cair
100 ml air
1 btr telur
90 gr keju parut

CARA MEMBUAT
1. Rebus air satu panci sedang, saat sudah mendidik masukkan pasta plus 2sdm minyak goreng. Aduk setiap beberapa saat, untuk mencegah pasta lengket didasar panci. Setelah 12-17 menit (tergantung pake jenis pasta apa), angkat- tiriskan.
2. Panaskan 4 sdm minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging. Aduk dengan api kecil
3. Semua bahan saus di kocok jadi satu. Lalu masukkan kedalam tumisan sosis- jamur.
4. Masukkan garam, gula, oregano, peterseli dan crushed black pepper (merica hitam ini selain untuk menambah rasa jga untuk memperindah penampilan dengan totol-totol hitamnya :)

Makasih komennya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s