Fussilli Aglio Olio lombok enam!!

Postingan lain terkait Resep Aglio Olio:
1) Resepnya
2) tips-nya
3) bahannya (minyak sayur, dan bumbu kering)

RESEP ALA NDUTYKE:

BAHAN:
1) Pasta 250 gram > TAPI kemaren ini saya cuma pake sekitar 175 gram aja.
2) Jamur (jamur utuh dipotong 4 bagian) 100 gram
3) Daging (udang, kerang, whatever) Saya pake Udang 100 gram (saya pake udang kecil, potong jadi 3 bagian, seukuran ujung kelingking) > Untuk porsi pasta 250 gram, silahkan menyesuaikan ya, berapa banyak jamur dan udangnya.
4) 3-6 cabe rawit merah yg panjangnya sekitar 3 cm/each. iris tipis.
5) 50- 75 ml minyak sayur (atau setara dengan 1 sendok sayur besar)
6) 100 ml air masak (yah lu kira-kira ndiri dah! hahaha)
7) peterseli + crushed black pepper + oregano + garam + gula > masing-masing 1 sdt. Kecuali gulanya nih, separo takaran garam aja deh. Kalo kurang mantep, baru tambahin dikit.

cooooong! hampir lupa masukin BAWANG PUTIH kedalam daftar bahan! huahahaha…. Pake 6-7 biji bawang putih ya! jangan lupa! dikeprok trus iris tipis, atau masukin ke food processor aja, tp jangan sampe alus banget.

CARA MEMBUAT :
1) Rebus pasta sesuai petunjuk.
2) Minyak sayur dipanaskan, bawang putih + cabe rawit lalu digoreng/ digongso beberapa saat. SEBELUM wangi tu bawang, masukin tu dagingnya sampe mateng/ berubah warna.
3) Masukkan airnya, lalu diaduk-aduk. Sekitar 2-3 menit.
4) baru cemplungin tu peterseli + crushed black pepper + oregano. Teruskan mengaduk lagi sampe 2-3 menit lagi.
5) Masukkan garam + gula. Icipi. Kurang asin? Kurang apa?
6) Baru masukin tu pasta-nya. Aduk rata.

NB: just in case you ASK, ‘tu’ = ‘itu’, hehehehe…..

Photobucket

Jamur 100 gram + udang 100 gram

Photobucket

Jadinya sekitar, satu wadah Tupperware ini.

Photobucket

RAPI ya bok, ini potongan paprika-nya? Hehehe… Kecil-kecil aja, soalnya kalo lebih besar, kuatir Suami ga doyan. Paprika ini fungsinya ada dua : warna hijaunya buat ‘menyegarkan’ tampilan carbonara yang pucat. Juga buat rasa dan aroma.

Makasih komennya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s