Yogurt Cimory, Halal lho!

Nih nih… Yogurt merk lokal. Bisa dibeli disupermarket Giant. Harga sekitar 5000 perak, dan asiknya adalah : Cimory ini mengemas yogurt-nya dalam kemasan botol yang ada tutupnya. Biasanya kan kalo kemasan tetra pack itu abis dicoblos, ya udah ga bisa ditutup lagi.

Anyway, kalo kata saya mah, lebih enak yang merk Dutch-something itu, tapi Suami sukaaaaa sekali Cimory ini. Rasanya macem-macem pulak, strawberry, orange, dll. Sudah berlabel halal, by the way.

Oia, kemaren Suami mo beli Froyo tapi urung, karena belum ada merk Froyo yang berlabel halal. A friend ask me, “Apa pentingnya label halal pada yogurt? Bukankah yogurt berasal dari susu sapi?” Ya eyyalah masa iya susu babi, hahaha….

Tapi ternyata, to my surprise, ada titik kritis kehalalan pada produk yogurt ini (buktinya merk Cimory, Dutch, Activia, dll sudah berlabel halal MUI). Dimana kah titik kritis itu berada?

Berikut ini adalah copas/ kutipan (direct quotation) dari situs : halalmui.org (artikelnya ada disini > ‘Froyo’.)

    Kaidah Halal Jangan Dilupakan

    Sehat sudah, lezat sudah dan kandungan gizinya pun cukup untuk tubuh. Sekarang bagaimana dengan aspek kehalalannya. Ini yang kurang diperhatikan, banyak orang tidak sadar dibalik kelembutan dan segala kebaikannya, frozen yoghurt juga menyimpan bahan-bahan yang mesti juga diperhatikan aspek kehalalannya.

    Bahan yang menjadi titik kritis aspek kehalalan meliputi starter kultur fermentasi, gelatin hingga flavor. Starter tersebut merupakan bakteri yang ditumbuhkan, media pertumbuhan tersebut lah yang mesti dikritisi. Sebab kemungkinan berasal dari unsur haram tetap ada.
    Gelatin berguna sebagai pelembut dan penstabil froyo. Bahan gelatin ini bisa berasal dari kulit dan tulang sapi, babi, atau ikan. Demikian halnya dengan flavor, sumber bahan hewani adalah yang mesti diwaspadai, apakah berasal dari hewan halal atau haram.
    Selain bahan baku yoghurt-nya, toppings foryo juga mesti diperhatikan kehalalannya. Untuk toppings buah-buahan segar mungkin tidak menjadi masalah. Namun jika toppings tersebut coklat, cocoa pebbles, granola cereals, mochi dan biscuit oreo mesti dilihat dulu apakah produk tersebut sudah ada sertifikat halal atau tidak.

8 thoughts on “Yogurt Cimory, Halal lho!

  1. saya jg suka bgt ma cimory. lbih suka minum cimory daripada minum susu. hehe
    blm prnh coba yg strawberry sih. prnhnya cuma yg lychee 1x. slain itu slalu minum yg rasa blueberry. :))

  2. wah, mba suka yah sama cimory, aku juga suka.. anyway, merk yoghurt kemasan apa lagi nih mba yang mba suka ato pernah cobain?

    aku lg ada tugas penelitian tentang yoghurt kemasan🙂

Makasih komennya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s