Bolognese Sauce

Hola tweeps, I’m back with a recipe here. Khusus buat Mbak Nina dan Mbak Risa di ITB yang katanya lg demen delivery spaghetti, hehehe. Bikin aja gampang kok, say. Ngapain beli? Irit juga klo masak dw. Cooking is fun! (As long as the result is delicious, of course, hehehe).

Resep dibawah terbuat dari bahan alami, which means : ga pake pasta tomat, royco, saus tomat botolan, dll.

BAHAN untuk 250 gram pasta :
* spaghetti/ penne/ macaroni or anything.
* daging cincang/ bakso/ sosis/ jenis daging apapun 150-200 gram. Kalo pake bakso/ sosis, dipotong kecil-kecil dulu ya. * tomat 10-12 buah, ukuran sedang.
* gula 1 sdm, garam 1 sdt, merica 1 sdt.
* 1 sdt oregano (ini yang paling penting ya untuk Italian food! Beli aja merk Jay’s atau produksinya supermarket Giant. Sekitar 13 ribu/botol kecil).
* basil/ parsley/ rosemary -» merk yg sama dgn oregano. 1 sdt. (basil berupa lembar daun, masukkan 2 -> di kremes)

* 8 siung bawang putih, cacah halus
* 1/2 siung bawang bombay, cacah halus
* cabe rawit 3-5, iris tipis jika ingin yg hot tapi tanpa menggunakan saos cabe botolan.

* keju 1/3 blok (kemasan yg biasa dijual tuh sekitar 180 gram ya?) * tambahkan wortel bila suka, secukupnya.
* tp lebih enak klo pake paprika sih. 1/2 aja. Potong dadu/ cacah. * klo mau pake jamur jg oke. Sekitar 50 gram aja. Iris tipis. * margarine/ minyak goreng untuk menumis

CARA membuat :
1) Didihkan air satu panci sedang, beserta 1 sendok minyak goreng. Setelah mendidih, masukkan jenis pasta pilihanmu, rebus dalam api sedang. Tiap jenis pasta memiliki waktu rebus yg berbeda. Spaghetti 10 menit, Macaroni 8 menit’an. Penne 15 menitan. Lihat petunjuk pada kemasan.

Selagi menunggu pasta matang -> cacah bawang bombay & bawang putih. Iris wortel, paprika, jamur (kalo pake). Siapkan daging. Parut keju.

2) Setelah pasta selesai direbus, tiriskan, buang sisa air. Gunakan panci tadi untuk merebus air. Saat sudah mendidih, masukkan semua tomat. Rebus sejenak (30 detik- mnt aja). Tiriskan, kupas kulitnya.

3) Blender atau hancurkan tomat yang sudah direbus dengan tangan.

4) Masukkan margarine/ minyak goreng secukupnya. Tumis bawang bombay + bawang putih hingga harum.

5) Kecilkan api, lalu masukkan daging plus wortel/paprika/jamur.

6) Setelah daging matang, masukkan tomat yg sudah diblender tadi. Aduk, tambahkan air masak 1 gelas kecil. Aduk.

7) Masukkan oregano + basil/rosemary/parsley. Aduk hingga mendidih.

8) Karena males ribet, maka biasanya keju parut ga saya pisah, tp langsung masukkan kedalam tomat ini.

9) Terakhir, masukkan garam + gula + merica bubuk. Icipi. Jika kurang, tambahkan garam. Perbandingan garam : gula adalah 1:2.

SAJIKAN….. Selamat makan! Bismillahirrahmaaanirrahiiim.. Semoga enak ya🙂

NB: resep saus ini bisa juga di oleskan diatas roti tawar, lalu dipanggang. Jadi pizza deh! Hehehe….

Makasih komennya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s