Ayam goreng bumbu madu

Ayam goreng bumbu madu

Akhirnya…. Kesampean juga beli madu buat bikin ayam goreng, hehehe. Madu di rumah adanya Manuka honey. Ciyus miapaaaaah mosok rek madu Manuka dipake masaaaak😆  Jadilah nyari madu apa ya di supermarket yg termurah dan kemasannya juga gak gede-gede amat. Emang cuma buat masak aja🙂

tolong fokus ke madu, jgn ke jempol

Dapet merk ini, harganya 20rb lebih dikit. Kemasannya asik, pake tutup flip. Trus menunya apa nih? Pake resepnya Mbak Endang (JTT) yaitu fried chicken wings (link). Tapi aku nggak pake wings thok sih. Ayam bagian campur-campur lah.

resep JTT

Skip saus tiram. Next time kunyitnya 1/2 sdt aja. Klo sesuai resep, bagiku kok kebanyakan. Sebelum dimarinade, ayamnya sudah direbus terlebih dahulu selama 30 menit (it’s not on the recipe but I just like it that way).

campur-campur bahan

Itu sendok takarku yg beli di Vinnies, hehehe. 99sen saja, murah…. (namapun beli di Vinnies yes, toko barang bekas😆 ). Isi 4 sendok: 1 tbsp, 1/2 tbsp, 1 tsp dan 1/2 tsp. Tbsp = tablespoon = sdm = sendok makan. Tsp = teaspoon = sdt = sendok teh.

siap untuk dimarinade

Siap dimasukkan ke kulkas untuk dimarinade minimal 2 jam atau lebih baik semalaman. Ini kelar ngebumbuin jam 5 sore kemaren. Jam 6.30 kelaparan dan ga ada lauk lain. Jadilah ngeluarin 2 potong ayam dr kulkas dan LANGSUNG digoreng.

Gorengnya kelamaan di satu sisi krn ini ayam kan mengandung madu yg cepet gosongnya. Jadi selain gosong, juga tasteless karena:
1) Minimal marinade 2 jam.
2) Sebelum digoreng, mestinya diungkep sampai air habis😆

I made 3 mistakes and voila! I ate tasteless chicken for dinner hahaha. Pagi ini, diolah buat sarapan dong ya ayamnya. Tak lupa diungkep dulu.

Nah ada lagi cerita ungkep-ungkepan ini. Itu bumbu jadinya mengkaramel dong! Jadi tak bisa kuharapkan menyerap sampai habis deh. Setelah 5 menit, aku matiin aja kompornya trus langsung angkat dan gak digoreng lagi.

mari makan!

Rasanya? Agak pahit, kenapa ya? Apa karena kebanyakan kunyit bubuk? Atau kelamaan diungkep? Tapi lumayan lah. Untung masaknya nggak banyak🙂

6 thoughts on “Ayam goreng bumbu madu

  1. Meeeem. Ngileer. Tadi aku mikir kalo hanuka cek emane dipake soale di rumah cuman ada hanuka. Hihihi. Tapi beneran bikin ngiler penampakannya mem

    1. PenampakAne memang kliatan enak. Tp kesalahan ada pada tangan pihak yg berwajib yg kurg ahli, jd rasanya kurang nendang, hehehe. Manuka apa Hanuka? Hanuka mah nama hari raya org Yahudi bkn sih hahaha😉

      1. Oiyaaaa. Manukaaa. Hahahahaha. Hanuka pernah baca dimanaaa gitu. Pas baca postingan kan ada namanya jugak ya Mem. X-)) maapkan. Keinget Hakuna Matata jugaak *ngeles

Makasih komennya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s