Percobaan pertama loyang/cetakan pukis

Resepnya dr Bu Fatmah Bahalwan. Nanti klo gak males, aku edit dan tambahkan disini.

Hasilnya gimana? Ranginnya lumayan enak. Foto diatas itu yg batch pertama. Cm yg bikin kesel, biasanya kan batch 1 kurang sakzez, tp berikut-berikutnya makin oke. Lah ini malah kebalikannya 😞 dr segi rasa sih udah oke, cm batch kedua masih lengket pating pleyot pas dikeluarkan dr loyang.

Gpp wes, next time better 👌🏽👌🏽

Loyang/cetakan Pukis

Yg bisa juga buat rangin, pancong, bandros. Those 3 are actually very similar but each city or province call it with different name.

Di Tokopedia harganya beragam. Mulai dr 45-100ribuan. Tergantung toko. Yg murah itu biasanya yg tipis dan yg cetakan kue lumpur atau martabak mini. Klo cetakan atau loyang pukis gini, biasane sih tebel dan berat.

Loyang pukis kayak gitu, atau yg bulet buat kue lumpur dan sejenisnya, gak bs lgsg dipake.

Kudu dicuci (pastinya), trs dilap pake tisu yg diolesi margarine sedikit. Lalu digosok2 ke loyangnya. Biasanya gosokan pertama, di tisu akan ada bekas kehitaman. Ya gosok aja terus, ganti2 sisi tisu (olesi margarine ya). Sampe bekas gosokannya gak hitam lg di tisu, bersih.

Untuk lebih jelasnya, bisa lihat video (ini).

Pizza time!

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Nyoba bikin pizza teflon ala Devina Hermawan. Tp aku manggang di oven aja.

Rasanya gmn? Well you cant go wrong with a store-bought sauce. Ini yg kumasak kemaren: saus bolognese Pronas yg ditambahi tumisan jamur, paprika dan Italian Herbs.

Setelah saus dioles, ditaburi sosis yg dipotong bulat dan bentuk kayak korek api gitu. Ditambahi jamur yg diiris tipis dan sudah dioseng sebentar di teflon. Taburi juga bombay dan tutup dengan keju parut.

Klo ada mozarella ya pasti lebih enak. Cm aku td gak pure mozarella sih. Krn masih blm rella ama harganya 😆 Gak deng….

Cucmey yaa Pronas ini! Pas buat klo lg butuh masak cepet. Tinggal rebus pasta trs olah lg saus bolognese Pronas ini. Ntah ditambahi wortel/paprika atau sayur lain yg cocok. Atau iris jamur/sosis atau klo ada ya daging giling.

Gak sering-sering sih ya tapinya klo aku. Krn gimanapun juga kan ini bumbu instan.

Btw resep Devina Hermawan kan cuma pake ragi 7gr buat 2 loyang ukuran @ 20-22 gitu. Lha sebungkus ragi kan 11gr. Nanggung banget. Jd klo ada yg mau bikin adonan pizza base pake ragi sebungkus, ini resepnyg sudah disesuaikan takarannya:

Resep 🍕Pizza Devina 1 Kemasan Ragi

Panggang suhu 250, 20-25 menit.

Bahan adonan:

◦ 202,5 ml air hangat (1 cup kurang dikit)

◦ 11 gr ragi (1 sachet)

◦ 11 gr gula pasir (1 tbsp kurang dikit)

◦ 1 sdt garam

◦ 2 sdm olive oil

◦ 1,5 sdm madu

◦ 375 gr tepung protein sedang (2,5 cups)

Savory Scones ala Luvita Ho

Hey guys! Been a while since my last post. So today, I’d like to share my baking scones experience. It’s my second attempt– the first one was on 2018 (it was a failure). I kept the story on this blog but I wont link it here co, yeah, no use, LOL.

So yesterday I baked savoury scones– filled with grated cheese and small chopped sausages.

I sprinkle Italian Seasoning Herb at the top, to add more scent.

I baked them for 30 minutes with pre-heated oven. And the result? Well…. they were okay. Not salty enough, tho.

Will I rebake this recipe? Uhmmm lets just say that I wont make another scones again coz turned out, my family and I dont like scones that much.

Resep Kue Cubit 2 Telor

Sumber asli: cookpad Rani Arkana.

Bahan-bahan

• 10 sdm gula pasir

• 10 sdm brown sugar

• 400 gr terigu

• 200 ml susu cair (atau 2 kotak susu vanilla ukuran Ultra Mimi)

• 1 sdt baking soda

• 2 bh telor ayam

• 6 sdm minyak sayur

• Essence vanilla jika ada.

Langkah

• Adonan basah: Mix telor bersama gula hingga berbusa.

• Masukkan susu cair dan minyak sayur kedalam adonan basah.

• Campur baking soda kedalam terigu. Aduk rata.

• Masukan terigu sedikit demi sedikit kedalam adonan basah, sambil di aduk hingga terigu habis.

• Panaskan cetakan/loyang.

• Siapkan cetakan di atas kompor dengan api kecil, yg sudah di olesi mentega atau bisa juga dengan minyak sayur.

• Masukan adonan 3/4 cetakan, jangan sampai penuh.

• Panggang selama 8-10 menit.

• Setelah adonan mulai matang Masukan toping sesuai selera

• Angkat dan sajikan

Sambal Matah ala William Gozali

Resep dari William Gozali @ his YouTube channel (link).

Aku cm bikin 1/2 resep krn males ngupas bawang banyak-banyak sampe 200 gram, hehehe.

Awal bikin sih krn liat ada ikan salem goreng tp kok gak ada sambelnya. Hmmm bikin sambel apa ya yg sekiranya gampang buatku? Akhirnya nyobain bikin sambel matah ini.

Untungnya ada stok sereh. Cabe rawit abis dikirimin banyak dr desanya simbak. Daun jeruk metik di belakang. Ini pake minyak goreng biasa sih. Nggak pake minyak kelapa krn gak punya.

Nah cerita lucunya, abis makan kan aku (maaf) sisi alias buang ingus. Kenceng banget. Telinga sampe makplop gitu. Trs aku tau-tau nggliyeng dong! Kepala rasanya enteng bgt. Trs aku bersandar. Eh masih lanjut buang ingus lagi…..

Alhasil langsung rasanya muterrrrr semua kayak naik komidi putar! Gilak gilak gilak!!! Aku baru kali ini ngerasa dunia berputar mulai dari pelan sampe kenceng banget.

Sama Mamahku dibilang vertigo trs aku dipapah ke kamar. Baringan sebentar trs sembuh.

Nggak nyalahin sambel matahnya. Kayaknya krn buang ingus terlalu keras. Weleh weleh untung idung guah aseli ya. Ori punya. Klo palsu, mungkin udah lepas, wkwkwkwk.

Bikin kukis lagi

Setelah pengalaman bikin cookie kemaren itu, aku recook lagi resep yg sama krn Mas B merengek minta kue Bunda. Ni bocah kayaknya sweet tooth deh; suka yg manis-manis. Soale pas aku bikin siomay minggu lalu, dia nggak suka: “Aku tidak suka,” gitu katanya.

Bikin full recipe. Pake gula aren tp tanpa coklat bubuk. Bereksperimen melewati batas dgn mengganti takaran margarine full menjadi separo margarine dan separo minyak goreng. Minyake kebanyakan. Akibate adonan luicin soro. Kutambahi sedikit tepung krn emg tinggal sedikit, wkwkwk.

Cuma bikin 2 loyang (18 keping besar). Sisa adonan taro kulkas. Manggangnya juga kayaknya lbh dr 15 menit deh. Ntah efek kebanyakan minyak atau akunya aja yg gak PD.


Makan kukis pake sendok. Krn masih anget, jd masih lembek dan bisalah dipotong pake sendok. Klo udah dingin ya mengeras seperti layaknya cookies.


Loyang kedua.

Kemriuk rek. Enak, alhamdulillah.

OnePotChef’s Baked Donut with Yoghurt (not yeast!)

Copy-pasted recipe from the YouTube video: here.

Itu resep aslinya. Resep ala aku ya tanpa cinnamon dan brown sugar. Aku pake gula pasir putih biasa. Yoghurt merk Biokul yg plain, beli 2 kemasan yg 80 mL. Ditakar 1/2 cup. Aku punya sendok takar/baking cup jd memang lbh senang dgn resep yg pake cup daripada gram.

Telornya cukup 1 sahaja. Kusuka resep irit telor kayak gini, hihihi.

Loyang dioles minyak goreng. Krn ini bukan loyang teflon dan aku tak punya muffin cup.

Foto diatas adalah ketika adonan basah sudah dimasukkan kedalam adonan kering. Setelah diaduk rata, gak usah didiamkan. Lgsg ke step selanjutnya. Makanya aku tertarik nyoba resep ini krn gak makan waktu lama.

Gemma Stafford juga punya resep no knead — baked donut (link) tapi adonan butuh didiamkan di kulkas semaleman. Lama kalik. Selak gak sempet yo nek aku seh…..

Adonan dimasukkan ke plastik gula aka plastik kiloan size yg besar. Plastik dikerukupkan ke mug supaya memudahkan ketika adonan dituang.

Nah tangan jadi nggak kotor. Ini piping bag ala- ala begitu.

Dapet 10 donat ajah. Oiya ini loyang muffin biasa ya krn aku ga ada loyang donat. Atau cetakan donat.

Adonan ini kayaknya terlalu empuk untuk bisa diroll dan lalu dicetak pake cetakan donat. Untuk dipegang pun ya terlalu slimy gitu. Jd emang buat dituang pake piping bag gitu (or in my case: plastik gula/plastik kiloan– however you call it).

RESULT?

Wkwkwk ini mah namanya DUFFIN! Donut shaped like muffin.

Tapi dari sisi tekstur yo enak kok Rek. So no worries. Tinggal ditambah apalah apalahnya donat gitu dibagian atasnya. Icing atau glasier atau topping…. apa sih namanya? Pengen sih nyoba bikin icingnya tapi ga ada stok gula halus.

Walopun klo aku mah ya cukup gini aja buat percobaan pertama, hehehe. Ntr klo bikin lagi dan ada perubahan dari sisi penampilan, aku posting lagi yha!

Gemma Stafford’s crazy cookie dough

Copy-pasted from: biggerbolderbaking . The YouTube video can be seen: here!

Ingredients

I use only half recipe & based on what I have in my kitchen.

1 cup (8oz/226g) butter, melted and cooled to room temperature. Me = 1/2 cup (113gr) margarin dapur merk Palmia.
1¼ cup (10oz/280g) brown sugar. I dont have any. So I just use white sugar.
¾ cup (6oz/170g) white sugar. Me = 1 cup white sugar
2½ cups (12 1/2oz/355g) all-purpose flour. Me = 1 cup + 1/4 cup.
1 teaspoon salt. Me = nggak pake krn margarinnya udah asin.
1 teaspoon baking soda. Me = 1/2 tsp.
2 large eggs. Me = 1 egg.
2 teaspoon vanilla extract. Me = vanilla bubuk secukupnya seadanya krn punyaku udah mo habis.

Tambahan: 1/2 tablespoon coklat bubuk + chocochips sesuai selera.

Instructions

1) Whisk the flour, salt, and baking soda in a medium bowl. Set aside.

2) Whisk both sugars in a large bowl and make sure to break up any large chunks. Add the melted butter and whisk vigorously for about 1 minute, until light fluffy and fully incorporated.

3) Whisk in one egg to the sugar-butter mixture, stirring until it’s fully mixed in. Scrape the sides of the bowl with your spatula. Whisk in the second egg and the vanilla and scrape the sides of bowl again.

4) Add the dry ingredients to the wet and stir with the spatula to fully combined. Chill the dough for a minimum of 30 minutes to 2 hours before scooping.

5) When ready to bake preheat the oven to 375ºF (185oC). Place the cookies on a larger parchment lined cookie sheet about 4 inches apart. Bake for 10-12 minutes until you can still see it is doughy in the center but browning around the edge. Resist the urge to bake for longer as you will over bake it and lose that gooey center.

6) Let cool on the sheet for 5 minutes then enjoy. Store in an air tight container for up to 3 days.


My comment:

  • Proses pemanggangan kutambahi hingga total 15 menit.
  • Di pertengahan, loyang aku balik. Yg awalnya deket pintu, kuletakkan ke sisi sebelah dalam.
  • Setelah dikeluarkan dr oven, baking paper aku tarik pelan sehingga nggak beralaskan loyang lagi. Spy lekas dingin.
  • Diamkan minimal 15 menit spy bagian pinggirnya terasa krispi. Walo nggak sekrispi kemrius cookies yg beli di minimarket.

  • Bagian tengah memang empuk-empuk gooey gitu ya. Meski jadi bikin mikir: ini mateng apa nggak sih? Hahaha.
  • Aku cm bikin seloyang dulu. Adonan masih sisa banyak. Kutaro di wadah tertutup rapat dan masukkan kulkas.

Chocolate oatmeal muffin

Resep asli copy-paste dari akun cookpad VeraDVersatile.

Nggak sempet difoto udah keburu ludes. Menurutku sih garamnya kebanyakan. Next time cukup 1/2 dr yg tertera di resep aja.

Herannya, anakku suka– sampe minta lagi. Komentarnya: “Waduh enaaaaaQ!” wkwkwwk. Makasih ya Nak. Bisa aja kamunya mah, membesarkan hati Bunda.

Ingredients

1 cup all-purpose flour
1/2 cup oatmeal (kemasan yg merah)
1/2 tsp salt (lebih baik 1/4 sdt aja)
2 tsp baking powder
1/2 cup cocoa powder
1/2 cup sugar
1 large egg
1/3 cup vegetable oil
1/2 cup milk (aku pake 1 kotak Ultra Mimi stroberi– jadi rasanya coklat tp aromanya stroberi)
1/4 cup water

Steps

1) Preheat oven to 170°Celsius.

2) Grease muffin pans or use paper liners. In a bowl, mix together the flour, cocoa powder, baking powder and salt; set aside.

3) In a large bowl, whisk the sugar, egg, and vegetable oil. Add and mix the milk and water. Fold in the mixed dry ingredients. Scoop into muffin pans.

4) Bake in preheated oven for 15-20 minutes or until inserted toothpick comes out clean.